twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Monday, October 19, 2009

Oleh Muhamad Yakub.

ANALISIS PENANGANAN DOKUMEN KARGO DOMESTIK PADA PT. GAPURA ANGKASA DI BANDARA ADISUMARNO SOLO 2009”



BAB I

PENDAHULUAN

A . Latar Belakang

Perkembangan dunia usaha dewasa ini telah berkembang sangat pesat. Persaingan bukan hanya mengenai seberapa tinggi tingkat produktivitas perusahaan dan seberapa rendahnya tingkat harga produk maupun jasa, namun lebih pada kualitas produk atau jasa tersebut, kenyamanan, kemudahan, serta ketepatan dan kecepatan waktu dalam pencapaiannya. Karakteristik lingkungan dunia usaha saat ini ditandai oleh perkembangan yang cepat di segala bidang. Persaingan ekonomi dunia menjadi semakin ketat sehingga menuntut kepiawaian manajemen dalam mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi dalam aktivitas ekonomi dunia.

Pulihnya sistem perekonomian di Indonesia membawa dampak yang positif, ditambah dengan perkembangan teknologi serta perkembangan di bidang lainnya, membuat banyak pihak harus ikut mengembangkan dirinya. Apalagi menjelang era perdagangan bebas saat ini yang membawa pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat, terutama masyarakat kota yang selalu mempunyai keinginan yang bersifat dinamis dan praktis.

1

Diantara pihak – pihak yang berkaitan dengan dunia perdagangan salah satunya adalah PT Gapura Angkasa Solo sebagai salah satu Penyedia Jasa penanganan pesawat sebelum take off dan sesudah landing (ground handling) inilah yang menjadi salah satu kegiatan yang penting dalam pengangkutan melalui udara khususnya kargo udara. Kegiatan bongkar muat yang terjadi di apron, dalam Bandar udara ini menuntut kecepatan dan keamanan dengan kata lain yang baik. Dalam mewujudkan kualitas pelayanan yang baik maka perusahaan dituntut untuk dapat mencapai produktifitas yang tinggi yang memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan, untuk itu maka perlu dilakukan sebuah evaluasi mengenai perusahaan tiap kurun waktu tertentu untuk menetapkan standar yang baru dan yang lebih baik bagi perusahaan.

PT. Gapura Angkasa Solo mengupayakan agar penanganan dokumen kargo udara domestik dapat dilakukan dengan cepat dan tepat yang dapat memberikan kontribusi besar bagi peningkatan pelayanan kargo domestik. Yang mana kegiatan ini berkaitan dengan kegiatan perusahaan secara keseluruhan. Apabila terdapat kesalahan ataupun keterlambatan maka akan menghambat kegiatan bidang lainnya dan serta merta memperlambat kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Terjadinya kesalahan prosedur dalam melaksanakan pekerjaan adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari tetapi tentunya dapat diminimalisir dengan cara pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur kerja yang telah ditetapkan. Oleh karena itu penanganan pada saat penerimaan barang/kargo dari shipper/agent yang akan masuk ke gudang harus dilakukan secara teliti dan cermat akan kelengkapan setiap dokumen-dokumennya, perhitungan beratnya, perhitungan jumlah barang dan mengenai pengemasannya.

Untuk menjaga konsistensi mutu jasa yang dihasilkan dan sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar pada PT. Gapura Angkasa Solo, perlu dilakukan pengendalian mutu (quality control) atas aktivitas proses yang dijalan. Untuk itu saya sebagai penulis ingin menganalisis konsistensi mutu yang dihasilkan oleh PT. Gapura Angkasa Solo tersebut atas penanganan dokumen kargo udara domestik terhadap setiap customernya. Dengan menggunakan metode cause and effect diagram juga disebut ishikawa diagram atau sering disebut dengan fishbone diagram karena berbentuk seperti kerangka ikan ( Vincent Gaspersz, 2008 : 112 )

Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi dengan judul: “ANALISIS PENANGANAN DOKUMEN KARGO DOMESTIK PADA PT. GAPURA ANGKASA DI BANDARA ADISUMARNO SOLO 2009”

B . Perumusan Masalah

1 . Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan, maka dapat diidentifikasikan permasalahan yang mungkin terjadi dalam penanganan dokumen kepabeanan kargo impor pada PT Gapura Angkasa Solo adalah sebagai berikut :

a. Penanganan dokumen kargo domestik yang terjadi.

b. Kesalahan yang ditemukan, seperti:

1) Kurang kerjasama yang baik antara departemen.

2) Keterampilan dalam penanganan dokumen kurang baik.

3) Latar belakang pengetahuan penanganan dokumen kurang baik.

4) Ketepatan waktu penanganan dokumen tidak terlaksana baik.

5) Kinerja karyawan dalam penanganan dokumen kurang sesuai.

c. Pelayanan yang belum sesuai dengan harapan shiper atau pelanggan.

2 . Pembatasan Masalah

Guna memfokuskan pembahasan dalam skripsi ini, maka perlu pembatasan ruang lingkup penelitian. Ruang lingkup yang dilakukan dalam penelitian ini ialah mengidentifikasikan faktor-faktor yang menjadi permasalahan dalam penanganan dokumen kepabeanan kargo domestik, serta melakukan langkah perbaikan dalam penanganan dokumen kargo domestik pada PT. Gapura Angkasa Solo.

3 . Pokok Masalah

Dari uraian tersebut di atas, maka penulis merumuskan pokok masalah sebagai berikut:

a. Bagaimana penanganan dokumen kargo domestik yang dilakukan PT. Gapura Angksa Solo ?

b. Faktor-faktor apa yang menjadi penyebab masalah dalam dokumen kargo domestik yang dilakukan PT. Gapura Angksa Solo ?

c. Faktor-faktor apa saja yang menjadi akar permasalahan dan bagaimana solusinya?

C . Tujuan dan Manfaat Penelitian

1 . Tujuan penulis melakukan kegiatan penelitian adalah sebagai berikut:

a . Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan kegiatan dokumen kargo domestik yang dilakukan PT. Gapura Angksa Solo.

b . Untuk mengetahui tanggapan shipper terhadap pelayanan dokumen kargo domestik yang dilakukan PT. Gapura Angksa Solo.

c . Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi permasalahan dalam dokumen kargo domestik yang dilakukan PT. Gapura Angksa Solo.

2 . Selain memiliki tujuan, penelitian ini juga memiliki manfaat,yaitu:

a. Bagi penulis sendiri, yaitu sebagai sarana mengimplementasikan pengetahuan yang telah didapat selama mengikuti kegiatan perkuliahan dan untuk memperluas pengetahuan serta wawasan tentang dokumen handling (penanganan dokumen) khususnya yang tentang penanganan dokumen kargo domestik.

b. Bagi STMT Trisakti, Informasi dalam penelitian ini dapat dijadikan sumbangan pemikiran untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya pada manajemen transportasi udara di bidang penanganan dokumen kepabeanan kargo impor, serta sekaligus sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT TRISAKTI.

c. Bagi PT. Gapura Angkasa, sebagai informasi tambahan di dalam dokumen handling khususnya tentang penanganan dokumen kargo domestik, yang sekaligus dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk pengambilan keputusan.

D. Metodologi Penelitian

1. Jenis dan Sumber Data

Jenis data yang di gunakan adalah data kualitatif. Data yang di maksud adalah data-data tentang standar prosedur pengiriman dan dokumen-dokumen pendukung dalam pengiriman kargo domestik. Dan beberapa data kuantitatif sebagai sumber data tambahan (pendukung).

Sumber data:

a. Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari responden.

b. Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari bahan kepustakaan.

  1. Metode Pengumpulan Data

a. Penelitian Lapangan (field research)

Hasil dari penelitian lapangan ini adalah data primer, yaitu data yang dalam mendapatkannya diusahakan sendiri oleh penulis. Penulis melakukan penelitian langsung ke kantor operasional PT. Gapura Angkasa Solo, melalui:

1) Observasi (pengamatan)

Penulis melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang berkaitan dengan proses importasi.

2) Kuesioner (daftar pertanyaan)

Usaha mengumpulkan informasi dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan untuk dijawab secara teratur oleh responden.

3) Wawancara

Wawancara adalah cara pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab langsung kepada objek yang diteliti atau kepada perantara yang mengetahui persoalan dari objek penelitian.

b. Penelitian Kepustakaan (library research)

Hasil dari penelitian ini adalah data sekunder, penulis memperoleh data – data dari berbagai sumber, antara lain kumpulan data yang diperoleh dari PT. Gapura Angkasa Solo, mempelajari buku-buku, literatur-literatur, majalah, koran dan lain-lain, yang berkaitan dengan penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa studi pustaka atau studi dokumen.

  1. Metode Analisis Data

Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan cause and effect diagram. Diagram tersebut juga disebut sebagai fishbone diagram karena berbentuk seperti kerangka ikan. Yang digunakan untuk menganalisis persoalan dan faktor-faktor yang menimbulkan persoalan tersebut. Dengan mengidentifikasi dan mengorganisasi penyebab-penyebab yang mungkin timbul dari suatu efek spesifik dan kemudian memisahkan akar penyebabnya. ( Zulian Yamit, 2004 : 47 )

Cause and effect diagram dapat dipergunakan untuk hal-hal sebagai berikut :

1. Mengidentifikasikan penyebab atas masalah.

2. Mengidentifikasi tindakan untuk menciptakan hasil yang diinginkan.

3. Membahas issue secara lengkap dan rapi.

4. Menghasilkan pemikiran baru.

E . Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan pemahaman dalam skripsi yang akan dibuat maka penulis membagi atas 5 (lima) bab yang terdiri dari beberapa sub bagian. Adapun yang dibahas pada masing-masing bab secara garis besar dapat dijelaskan, yaitu sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini berisikan tentang: Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Tinjauan Pustaka, Metodologi Penelitian, dan Sistematika Penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini penulis akan menjelaskan teori-teori berdasarkan pendapat para pakar manajemen transportasi, mengenai dokumen kargo domestik, menjelaskan tentang masalah kualitas dari jasa yang dihasilkan, mengenai prosedur standar dalam penanganan dokumen kargo domestik pada PT. Gapura Angkasa Solo.

BAB III GAMBARAN UMUM PT. GAPURA ANGKASA SOLO

Dalam bab ini penulis membahas tentang PT. Gapura Angkasa Solo mengenai gambaran umum perusahaan yaitu sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha perusahaan.

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini penulis akan menganalisis dan membahas hasil penelitian yang diperoleh. Pembahasan ini dilakukan berdasarkan konsep teori dan interprestasi penulis dari pengembangan teori yang sudah ada.

BAB V PENUTUP

Dalam bab terakhir ini penulis akan memberikan kesimpulan dari analisis dan pembahasan serta terdapat saran-saran dari penulis yang diharapkan dapat berguna bagi PT. Gapura Angkasa Solo dalam penanganan dokumen kargo domestik.

No comments:

Post a Comment