twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Monday, December 7, 2009

Oleh Taufan Primananda.

“PENGARUH FASILITAS BANDAR UDARA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA BANDAR UDARA SOEKARNO HATTA”



BAB I

PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG MASALAH

Fasilitas Bandara merupakan unsur yang sangat terkait bagi tingkat kepuasan para pelanggan yang memakai jasa. Dengan adanya fasilitas yang sangat memadai maka para pelanggan akan merasa puas dengan kinerja perusahaan. Fasilitas yang memadai akan menarik minat pelanggan untuk terus memakai jasa perusahaan di kemudian hari dengan kontinu.
Dalam kaitannya dengan hal tersebut, maka fasilitas Bandar udara harus dibangun dengan standar Internasional. Dimana tujuan pembangunan tersebut adalah untuk memenuhi kriteria internasional dalam halnya keselamatan dan juga untuk menarik minat-minat maskapai penerbangan dunia untuk transit dibandara tersebut.
Tujuan ini dapat terpenuhi melalui peremajaan-peremajaan fasilitas dan penambahan fasilitas secara bertahap dari kebijakan perusahaan untuk menuju jenjang yang lebih bertaraf internasional. Dengan tercapainya tujuan tersebut maka para konsumenpun akan merasa puas dalam hal pelayanan maupun keamanan yang ada di bandar udara tersebut
Sementara itu, para pengguna jasa juga akan tidak puas dengan kinerja perusahaan jika fasilitas yang tersedia tidak memadai. Dan alhasil para pengguna jasa tidak akan memakai jasa perusahaan tersebut karena merasa kecewa dengan fasilitas yang diberikan kepada pelanggan.
Oleh karena itu suatu fasilitas mempunyai kaitannya dengan kepuasan pelanggan. Fasilitas yang sudah usang sebaiknya di perbaharui dan juga perusahaan sebaiknya juga menambah fasilitas-fasilitas penunjang lainnya yang kaitannya erat dengan pengguna/customers. Disamping itu perlu adanya maintenance yang berkala untuk menjaga fasilitas-fasilitas yang sudah ada menjadi terawat.
Demikianlah sangat pentingnya pengaruh fasilitas Bandar udara terhadap tingkat kepuasan pelanggan, maka dalam penyusunan tugas ini penulis memilih judul “PENGARUH FASILITAS BANDAR UDARA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA BANDAR UDARA SOEKARNO HATTA”

B. PERUMUSAN MASALAH

1. Identifikasi masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah, peremajaan fasilitas Bandar Udara sangat dibutuhkan dalam hal peningkatan kepuasan dan peningkatan keselamatan bagi para pengguna jasa. Fasilitas-fasilitas yang sudah usang haruslah diperbaharui untuk menunjang kegiatan kebandar udaraan. Maka penulis mengidentifikasi masalah pada :
a. Masalah fasilitas Bandara Soekarno Hatta yang masih kurang
b. Masalah peremajaan fasilitas yang begitu lamban di Bandara Soekarno Hatta

2. Batasan Masalah
Pembatasan masalah dari tugas ini terbatas hanya pada pengaruh fasilitas bandara terhadap tingkat kepuasan penumpang di Bandara Soekarno Hatta.

3. Pokok Masalah
Dari permasalahan yang diuraikan diatas, maka dapatlah diambil kesimpulan suatu rumusan masalah yaitu :
a. Bagaimana fasilitas yang ada di bandara Soekarno Hatta
b. Bagaimana kepuasan konsumen terhadap fasilitas bandara Soekarno Hatta
c. Apakah ada pengaruh fasilitas bandara terhadap tingkat kepuasan konsumen di Bandara Soekarno Hatta

C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

1. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Mengetahui pembangaunan fasilitas di Bandara Soekarno Hatta
b. Mengetahui tingkat kepuasan penumpang yang menggunakan jasa di bandara udara Soekarno Hatta
c. Mengetahui pengaruh fasilitas bandara terhadap tingkat kepuasan penumpang di Bandara Soekarno Hatta

2. Manfaat Penelitian

2.1 Manfaat Bagi Penulis
Untuk menyumbangkan sejumlah informasi kepada pembaca dan almamater serta untuk menambah ilmu pengetahuan penulis di bidang manajemen transportasi.

2.2 Manfaat Bagi Institusi
Untuk dapat memperoleh data dan informasi yang tercantum dalam makalah ini serta dikembangan untuk memecahkan masalah dalam hal peningkatan kepuasan penumpang pesawa

2.3 Manfaat Bagi Perusahaan
Sebagai sarana dan masukan yang bermanfaat bagi perusahaan

D. METODOLOGI PENELITIAN

1. Metologi Pengumpulan Data

Untuk mengumpulkan data yang dipergunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa cara:

a. Studi Lapangan (Field Research)
dengan melakukan penelitian langsung fasilitas-fasilitas yang tersedia di Bandara Soekarno Hatta, data yang dapat diperoleh dan dikumpulkan dengan cara pengamatan langsung (field reaserch) pada fasilitas-fasilitas yang ada.
Adapun tekhnik untuk mengumpulkan data primer dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Wawancara
Wawancara langsung kepada pihak yang terkait untuk memperoleh keterangan dan data yang dibutuhkan yang berkaitan dengan masalah penelitian.

2. Observasi
Yaitu melakukan pengamatan secara langsung di fasilitas-fasilitas bandara udara di Bandara Soekarno Hatta.

3. Dokumentasi
Yaitu mencari data-data yang terkait dengan masalah penelitian.

4. Angket
Yaitu dengan menyebarkan angket/selebaran kepada pihak terkait yang isinya berkaitan dengan masalah penelitian.


b. Penelitian Kepustakaan (library reaserch)

studi kepustakaan dilakukan sebagai upaya untuk memperoleh data sekunder, antara lain dengan membaca teori-teori yang menunjang penelitian yang berasal dari buku-buku, jurnal, majalah-majalah yang berkaitan dengan judul penelitian.

E. SISTEMATIKA PENULISAN

Dalam penyajian skripsi ini penulis membagi dalam lima bab untuk mendapatkan gambaran yang jelas makana penulis mencoba menguraikan garis besar bab demi bab sesuai pencerminan dari skripsi ini, dengan susunan ringkasan sebagai berikut:

1. BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan skripsi

2. BAB II LANDASAN TEORI
Menguraikan teori-teori dasar yang berkaitan dengan fasilitas bandara dan juga tentang tingakat kepuasan konsumen.

3. BAB III GAMBARAN UMUM BANDARA SOEKARNO HATTA
Babi ini menggambarkan sejarah singkat tentang Bandara Soekarno Hatta, manajemen operasional dan peremajaan fasilitas yang ada dan usaha-usaha yang dilakukan.

4. BAB IV ANALISIS DAN PAMBAHASAN
Menyajikan proses analisis singkat tentang fasilitas Bandar udara yang ada di Bandara Soekarno Hatta terhadap tingkat kepuasan konsumen sebagai para pengguna jasa.

5. BAB V PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran mengenai pembahasan yang sudah dibahas pada bab sebelumnya.

No comments:

Post a Comment