twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Monday, January 25, 2010

Oleh Alini Yudantia.

HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DENGAN PRESTASI KERJA
KARYAWAN PADA PT ANGKASA PURA II
DI BANDARA SOEKARNO HATTA
TAHUN 2010.

BAB 1

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Manusia memiliki peranan yang aktif dan dominant dalam setiap kegiatan perusahaan, karena manusia merupakan perencana, pelaku dan penentu terwujudnya tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan tidak mungkin dapat terwujud tanpa peran aktif dari karyawan, meskipun perusahaan memiliki alat-alat yang canggih serta modern. Peralatan yang dimiliki perusahaan tidak akan ada manfaatnya, jika perusahaan tidak menguasai karyawan sepenuhnya seperti halnya mengatur mesin, modal serta gedung. Oleh Karen aitu diperlukan suattu peraturan untuk mewujudkan tujuan perusahaan yang optimal.

Salah satu peraturan tersebut adalah meliputitentang masalah kedipsiplinan. Adapun kedisiplinan pada hakekatnya adalah mencerminkan dasarnya tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini dapat mendorong gairah kerja karyawan,semagat kerja dan terwujudnya tujuan perusahaan. Kedisplinan itu sendiri dapat diartikan jika karyawan selalu dating dan pulang tepat waktu, mengerjakan semua pekerjaanya denagn baik, dan selalu mematuhi semua peraturan yang dibuatr oleh perusahaan. Dengan adanya kedisplinan dari para karyawan maka akan meningkatkan presetasi kerja karyawan.

Meningkatkan prestasi kerja karyawan merupakan hal yang tidak mudah, oleh karena itu karyawan diberiakn program pengembanagn oleh perusahaan. Tindak lanjut dari suatu program pengembangan adalah penilai prestasi kerjakaryawan. Dengan adanya penilai prestasi kerja karyawan, tidak menutup kemungkinan karyawan tersebut akan dipromosikan, didemosikan, dikembangan atau balas jasanya dinaikan.

Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam sebuah skipsi dengan judul “ HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DENGAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. ANGKASA PURA II DI BANDARA SOEKARNO HATTA TAHUN 2010”

B. Perumusan Masalah

1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah maka dapat didentifikasikan masalah sebagai berikut:

a. Disiplin Kerja Karyawan pada PT. ANGKASA PURA II

b. Prestasi kerja karyawan pada PT. ANGKASA PURA II

c. Hubungan Disiplin Kerja Karyawan dan prestasi kerja karyawan pada PT. ANGKASA PURA II

2. Batasan Masalah

Dalam penelitian “Hubungan antara Kedisiplinan dengan Prestasi Kerja Karyawan pada PT Angkasa Pura II Tahun 2009”. Penulis memandang perlu untuk membatasi ruang lingkup penelitiannya seperti disiplin dan prestasi kerja karyawan PT Angkasa Pura II.

1. Pokok Permasalahan

a. Bagaimana disiplin karyawan PT. Angkasa Pura II ?

b. Bagaimana Prestasi kerja karyawan PT. Angkasa Pura II ?

c. Adakah hubungan antara disiplin dengan prestasi kerja karyawan PT. Angkasa Pura II ?

  1. Tujuan dan Manfaat Penelitian.

1. Tujuan Penelitian

a. Untuk mengetahui kedisiplinan karyawan pada PT. Angkasa Pura II.

b. Untuk mengetahui prestasi kerja karyawan PT. Angkasa Pura II

c. Untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi kerja.

2. Manfaat Penelitian

a. Bagi penulis

Dapat menambah pengetahuan serta wawasan tentang pentingnya disiplin kerja dan kaitannya dengan prestasi kerja karyawan, juga sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi pada Sekolah Tinggi Manajemen Transpor Trisakti.

b. Bagi perusahaan

Diharapkan dapat menjadi masukan dan dapat berguna dalam rangka peningkatan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan.

c. Bagi Masyarakat

Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan informasi untuk menambah pengetahuan mengenai manajemen sumber daya manusia.

  1. Hipotesis

“Diduga terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi kerja karyawan pada PT. Angkasa Pura II “ Maka, apabila semakin meningkatanya kedisiplinan kerja karyawan maka akan mengakibatkan prestasi kerja yang semakin baik.

  1. Metologi Penelitian

1. Jenis dan Sumber Data

Jenis data dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif yang dikuantitatifkan dalam skala likert. Sedangkan untuk data yang digunakan adalah data primer, yaitu data yang digunakan kuesioner atau angket.

2. Populasi dan Sampel

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tetenru yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulanya.

Sampel adalah bagian dari populasi atau bagian dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik pengambilan keputusan sampel yang digunakan adalah Random sampling. Sample ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah efesiensi biaya dan efektiffitas waktu.

3. Metode Pengumpulan Data

Dalam memperoleh data serta keterangan-keterangan yang diperlukan dan dipergunakan beberapa teknik pengumpulan data. Hal ini dimaksudkan agar dapat diketahui cara-cara teknik yang dipergunakan dalam upaya untuk memperoleh data. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode sebagai berikut :

a. Penelitian Lapangan

Dalam penelitian lapangan ini dilakukan beberapa hal yang dapat mendukung penelitian, yaitu ;

1. Observasi

Dilakukan dengan cara pengamatan secara pengamatan secara langsung dari pihak-pihak yang memiliki catatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan informasi yang ingin diperoleh.

2. Wawancara

Penulis melakukan wawasan dengan pihak-pihak yang memiliki informasi.

3. Kuesioner

Yaitu daftar pernyataan yang disebarkan kepada reponden dengan maksud untuk memperoleh informasi tentang penelitian.

b. Penelitian Kepustakaan

Penelitian kepustakaan ini dilakukan untuk melengkapi data-data yang sudah ada, penulis menggunakan beberapa literature, buku-buku kuliah, serta informasi lain untuk mempelajari teori-teori yang dapat menunjang penelitian tersebut.

4. Metode Analisis Data

Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Dimana responden diharapkan pada sejumlah pertanyaan untuk dijawab sebagaimana terdapat kuesioner yang hasilnya dihitung dengan menggunakan skala likert, yaitu skala lima tingkat yang terdiri dari :

Tabel 1.1

Hubungan Disiplin dengan Prestasi Kerja Karyawan berdasarkan Skala Likert

Alternatif Jawaban

Singkatan

Bobot

Sangat Setuju

(SS)

5

Setuju

(S)

4

Netral

(N)

3

Tidak Setuju

(TS)

2

Sangat Tidak Setuju

(STS)

1

  1. Sistematika Penulisan

Adapun materi skripsi yang dibahas dibagi lima bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB 1 PENDAHULUAN

Bab ini menguraikan tentang latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

BAB III GAMBARAN UMUM PT ANGKASA PURA II

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

BAB V PENUTUP



No comments:

Post a Comment