twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Monday, January 25, 2010

Oleh Chandra Adikumoro.

“ANALISIS PENGARUH RAMP HANDLING PT. GAPURA ANGKASA TERHADAP BRAND IMAGE PT. GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA CENGKARENG TAHUN 2007”

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini hampir semua perusahaan penerbangan mensubkontrakkan pekerjaan operasional ground handlingnya kepada perusahaan penyedia jasa ground handling. Hal ini disebabkan karena mengingat pentingnya perusahaan melakukan strategi efisiensi di satu pihak, dan kemampuan yang sangat memadai dari perusahaan penyedia jasa ground handling di pihak lainnya. Kenyataan ini semakin mendorong tumbuh kembangnya perusahaan ground handling si Indonesia, guna meningkatkan kualitas layanan di satu sisi dan memperluas pasarannya di sisi lainnya.

Dalam perkembangannya ground handling mempunyai konsekuensi terhadap peningkatan seluruh kegiatan ground handling di bandar udara, sehingga harus diimbangi juga dengan kesiapan fasilitas penunjang, baik yang berkaitan secara langsung dengan penerbangan, maupun tidak berkaitan secara langsung. Misalnya saja bila armada pesawat udara bertambah dengan berbeda type, maka secara langsung akan bertambah pula peralayan penunjangnya, Ground Support Equipment (GSE). Bila dikaitkan dengan volume kesibukan penerbangan, maka kesibukan kegiatan di peralatan parkir pesawat udara (apron) lebih tinggi intensitas kegiatannya. Kegiatan tersebut antara lain pengaturan terhadap penumpang yang akan berangkat maupun penumpang yang dating, bongkar muat barang, pengisian bahan bakar.

Apron Handling atau yang lebih khusunya Ramp Handling sebagai bagiab dalam kegiatan operasional Bandar udara mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan fungsi pelayanan di Apron Area Bandar Udara Soekarno-Hatta. Tantangan tersebut sangatlah berat, guna mewujudkan keberhasilan dalam menjalankan fungsi-fungsinya serta kepuasan pelanggan dapat tercapai, dimana PT. Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan penerbangan, yang menggunakan jasa ground handling PT. Gapura Angkasa, sehingga brand image PT. Garuda Indonesia, juga menjadi tanggung jawab PT. Gapura Angkasa.

Dalam upaya menjalankan fungsi tersebut, terdapat 3 (tiga) unsur yang perlu diperhatikan. Pertama adalah prasarana atau peralatan dan fasilitas, kedua jumlah sumber daya manusia / tenaga kerja yang terampil, ketiga sistem dan prosedur yang dilaksanakn atau dijalankan harus sesuai dengan fungsi-fungsi tersebut. Ketiganya itu terkait antara satu dengan yang lainnya. Tujuannya ialah untuk memberikan hasil yang optimal dalam menjalankan kegiatan ground handling, sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai.

Dari uraian di atas penulis tertarik membuat penulisan skripsi dengan judul :

“ANALISIS PENGARUH RAMP HANDLING PT. GAPURA ANGKASA TERHADAP BRAND IMAGE PT. GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA SOEKARNO-HATTA CENGKARENG TAHUN 2007”

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah penulis kemukakan, maka penulis mencoba untuk merumuskan masalah yang terjadi. Permasalahan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Identitas Masalah.

a. Masalah internal yang mempengaruhi kontribusi Ramp Handling, yang

terdiri dari faktor sumber daya manusia, manajemen perusahaan, dan aspek niaga.

b. Masalah eksternal yang mempengaruhi kontribusi Ramp Handling, yaitu Ground Support Equipment (GSE), technic, system, dan flight operations.

2. Pembatasan Masalah.

Untuk membatasi permaalahan yang ada, penulis hanya menitikberatkan pada bagaimana cara Ramp Handling PT. Gapura Angkasa memberikan kontribusinya, dalam upaya mempertahankan Brand Image Garuda Indonesia.

3. Pokok Masalah.

Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang dikemukakan di atas, poko permasalahan yang ada di rumuskan adalah sebagai berikut :

A. Faktor-faktor apa saja yang menjadi permasalahan Ramp Handling PT. Gapura Angkasa dalam penanganan pesawat Garuda Indonesia dan bagaimana solusinya?

B. Bagaimana tanggapan pengguna jasa pesawat Garuda Indonesia terhadap Brand Image PT. Garuda Indonesia?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian

a. Untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang menjadi permasalahan Ramp Handling PT. Gapura Angkasa dalam penanganan pesawat Garuda Indonesia dan bagaimana solusinya.

b. Untuk mengetahui tanggapan pengguna jasa pesawat Garuda Indonesia terhadap brand image PT. Garuda Indonesia.

2. Manfaat Penelitian

a. Bagi Penulis

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang seberapa besar dan penting kontribusi ramp handling dalam proses penanganan pesawat terutama Garuda Indonesia dan seberapa besar berpengaruh terhadap brand image PT. Garuda Indonesia.

b. Bagi Perusahaan

Hasil penelitian yang penulis susun ini diharapkan dapat berguna bagi PT. Gapura Angkasa Soekarno-Hatta khususnya ramp handling sebagai bahan acuan untuk memaksimalkan kontribusinya, umtuk mempertahankan kepuasaan pelanggan, yang dalam hal ini brand image Garuda Indonesia.

c. Bagi Lembaga (STMT TRISAKTI)

Sebagai informasi tambahan mengenai pengaruh kontribusi ramp handling terhadap brand image PT. Garuda Indonesia, serta dapat dipergunakan dan bermanfaat sebagai data dokumentasi perpustakaan STMT TRISAKTI.

D. Metodologi Penelitian

1. Jenis dan Sumber Data

a. Jenis Data

Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis data kualitatif yaitu berupa angket.

b. Sumber Data

Sumber data penelitian berupa data premier yaitu berupa angket yang diberikan kepada responden. Penulis juga menggunakan data sekunder yang berupa literature terkait, yang bersumber dari perusahaan maupun kepustakaan.

2. Populasi dan Sampel

a. Populasi

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai karakteristik tertentu, yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan (Sugiono, 2006: 55). Adapun populasi data dalam penelitian ini adalah pengguna jasa penerbangan Garuda Indonesia.

b. Sampel

Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiono, 2006: 55). Adapun sample yang diambil adalah sebanyak 30 orang pengguna jasa penerbangan Garuda Indonesia.

3. Metode Pengumpulan Data

a. Penelitian Lapangan

1) Observasi

Penulis melakukan penelitian langsung ke PT. Gapura Angkasa cabang Bandar Udara Soekarno-Hatta Cengkareng selama 2 bulan.

2) Wawancara

Penulis juga melakukan wawancara dengan narasumber yang menguasai dibidangnya, khususnya mengetahui prosedur penanganan pesawat, baik pada saat kedatangan pesawat, maupun keberangkatan yaitu petugas ramp handling.

3) Kuisioner

Mengumpulan informasi dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan untuk dijawab oleh responden.

b. Penelitian Kepustakaan

Penulis mengumpulkan data-data atau tulisan-tulisan yang berhubungan dengan penelitian ini dari berbagai sumber, diantaranya beberapa buku bacaan, SOP ramp handling PT. Gapura Angkasa cabang Bandar Udara Soekarno-Hatta Cengkareng, bahan-bahan perkuliahan, dan sumber-sumber lain yang berhubungan dengan materi skripsi.

4. Metode Analisis Data

Gambar 1.1 Cause and Effect Diagram

a

Sumber : Zulian Yamit, 2004 : 72

Dalam metode analisis sata penulis menggunakan fish bone analisis. penulis mengutip dari buku Manajemen Kualitas, Zulian Yamit fish bone analisis bertujuan untuk mengidentifikasikan penyebab-penyebab yang mungkin dari suatu masalah yang tidak diinginkan dan bersifat spesifik.

Cause and effect diagram dapat dipergunakan untuk hal-hal sebagai berikut:

1) Untuk menyimpulkan sebab-sebab variasi dalam proses.

2) Untuk mengidentifikasi kategori dan subkategori sebab-sebab yang mempengaruhi suatu karakteristik kualitas tertentu.

3) Untuk memberikan petunjuk mengenai macam-macam data yang perlu dikumpulkan. (Dorothea Wahyu Ariani, 1999 : 18)

E. Sistematika Penulisan

Penulisan skripsi ini dibagi menjadi 5 (lima) bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menguraikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian serta sistematika penulisan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini mengemukakan mengenai teori-teori pendukung yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini.

BAB III GAMBARAN UMUM PT. GAPURA ANGKASA

Bab ini mengemukakan mengenai sejarah singkat dari PT. Gapura Angkasa selaku yang menangani PT. Garuda Indonesia, organisasi, dan manajemen serta kegiatan perusahaan.

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini dijelaskan secara lebih mendalam mengenai permasalahan yang terdapat di dalam penulisan skripsi ini berikut metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui besaran kontribusi Ramp Handling PT. Gapura Angakasa terhadap brand image Garuda Indonesia.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi kesimpulan yang diambil dari bab 4, yaitu analisis dan pembahasan, serta penyampaian saran-saran oleh penulis yang dapat bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment