twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Monday, January 25, 2010

Oleh Devy Ayu Indrawati.

“ANALISIS DISTRIBUSI DAN PENDAPATAN KARGO PADA PT. BIROTIKA SEMESTA (DHL EXPRESS) DENGAN MODEL WINQSB TAHUN 2009


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Saat ini transportasi merupakan salah satu aspek ekonomi yang sangat dinamis. Dalam perkembangannya ekonomi membutuhkan jasa transportasi yang cukup serta memadai. Untuk tiap tingkatan perkembangan ekonomi diperlukan kapasitas angkutan yang optimum. Namun perlu diperhatikan bahwa penentuan kapasitas bukan merupakan hal yang mudah.. Seiring pesatnya pembangunan dan perkembangan ekonomi yang dicapai bangsa – bangsa di dunia, peran transportasi udara semakin dibutuhkan, karena beberapa keunggulan yang dimiliki, diantaranya kecepatan, kemampuannya untuk mencapai lokasi yang memiliki jangkauan strategis dan bernilai ekonomi tinggi dalam waktu yang relatif singkat.

Transportasi adalah kegiatan pemindahan barang (muatan) dan penumpang dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam transportasi terdapat dua unsur penting, yaitu pemindahan/pergerakan dan secara fisik mengubah tempat dari barang (komoditi) dan penumpang ke tempat lain.

Saat ini perusahaan freight forwarding harus mampu mendayagunakan semua armada yang dibutuhkan untuk pengangkutan barang, oleh sebab itu perusahaan kargo tidak bekerja sendiri tetapi harus didukung oleh agent - agent kargo lain, airlines yang telah ditunjuk oleh pihak perusahaan, warehouse operator dan atau ground handling agar tercapai suatu proses logistik yang baik sehingga prosesnya berjalan dengan aman dan sesuai jadwal yang direncanakan.

Dalam penjualan perusahaan / agent kargo ini mengeluarkan tarif atau rate kargo yang berbeda- beda untuk mendapatkan pelanggan atau customer sebanyak – banyaknya. Kargo yang akan dimuat dalam suatu penerbangan harus dikonfirmasikan dengan pihak airlines terlebih dahulu untuk menentukan jenis kargo, berat kargo, volume kargo, dan informasi lainnya. Angkutan kargo melalui udara baik dalam negeri maupun luar negeri semakin hari semakin meningkat, dalam hal ini tidak sedikit perusahaan yang bergerak di bidang angkutan forwarding yang berkembang dari waktu ke waktu. Berkembangnya perusahaan tersebut diikuti oleh kebutuhan baik perorangan ataupun perusahaan yang ingin mengirimkan barangnya keluar kota ataupun keluar negeri dengan cepat, aman dan tepat waktu juga barang yang akan dikirim tidak mengalami hambatan, misalnya rusak, hilang, tertukar sampai di tempat tujuan.

Dalam penanganannya freight forwarding merupakan salah satu perusahaan jasa yang membantu mempercepat pergerakan barang sampai ke tempat tujuan berdasarkan keinginan shipper dan consignee dengan suatu struktur kerja yang sesuai dengan prosedur, serta bekerja sama dengan pihak- pihak yang terkait.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk skripsi dengan judul : “ANALISIS DISTRIBUSI DAN PENDAPATAN KARGO PADA PT. BIROTIKA SEMESTA (DHL EXPRESS) DENGAN MODEL WINQSB TAHUN 2009”.

B. Perumusan Masalah

1. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka identifikasi permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut :

a. Analisis prosedur dan pendistribusian kargo.

b. Analisis jumlah kargo yang perlu diangkut untuk setiap kali pengiriman.

c. Analisis jadwal pengiriman kargo

d. Analisis pendapatan kargo

e. Analisis ratio kapasitas barang di pesawar

2. Batasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah yang telah diuraikan tersebut diatas, maka penelitian ini hanya dibatasi pada pemilihan rute untuk rute JKT-UPG, JKT-DPS, JKT-TIM dan data yang diambil untuk bahan kajian berasal dari laporan bulanan (monthly report) kargo Januari 2009 – April 2009.

3. Pokok Permasalahan

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka pokok permasalahan dalam penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :

a. Berapa jumlah maksimum barang yang harus dikirim ke setiap tujuan ?

b. Bagaimana jadwal pengiriman barang ke setiap tujuan ?

c. Berapa pendapatan maksimal ?

d. Apakah terdapat perbedaan mengenai jumlah kargo, jadwal pengiriman dan jumlah pendapatan antara model perusahaan dengan model

WinQSB ?

e. Berapakah ratio kapasitas barang di pesawar ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian

a.. Untuk mengetahui jumlah kargo pada PT. Birotika Semesta (DHL EXPRESS) untuk rute JKT-UPG, JKT-DPS, JKT-TIM.

b. Untuk mengetahui biaya pengiriman kargo (Rp/kg) pada PT. Birotika Semesta (DHL EXPRESS) untuk rute JKT-UPG, JKT-DPS, JKT-TIM.

c. Untuk mengetahui jadwal pengiriman kargo pada PT. Birotika Semesta (DHL EXPRESS) untuk rute JKT-UPG, JKT-DPS, JKT-TIM.

d. Untuk mengetahui model distribusi kargo pada PT. Birotika Semesta (DHL EXPRESS) dengan program WinQSB untuk rute JKT-UPG, JKT-DPS, JKT-TIM.

e. Untuk mengetahui ratio kapasitas barang di pesawat.

2. Manfaat Penelitian

a. Bagi Penulis

Untuk dapat menambah pengetahuan serta wawasan yang lebih luas mengenai pendistribusian kargo JKT-UPG, JKT-DPS, JKT-TIM pada PT. Birotika Semesta ( DHL EXPRESS ) serta sebagai salah satu syarat kelulusan dalam program jenjang Sarjana (S1).

b. Bagi Perusahaan

Diharapkan kiranya dapat menjadi bahan masukan serta bahan pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan dan langkah-langkah kebijakan, agar perusahaan dapat menangani penanganan dan pendistribusian kargo sesuai agar memperoleh pendapatan yang maksimal. Dengan demikian perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

c. Bagi Masyarakat

Sebagai informasi dan pengetahuan tambahan mengenai pengetahuan metode penanganan dan pendistribusian kargo dengan analisis deskriptif eksploratif serta perencanaan strategi perusahaan

D. Metodologi Penelitian

Di dalam pengumpulan data serta keterangan-keterangan yang diperlukan dan dipergunakan beberapa teknik pengumpulan data. Hal ini dimaksudkan agar dapat diketahui teknik yang dipergunakan dalam upaya memperoleh data. Dalam penulisan skripsi ini digunakan :

1. Metode pengumpulan data

a. Penelitian lapangan (field research)

Metode pengumpulan data dan informasi dengan mengadakan tinjauan langsung ke perusahaan atau lembaga yang lainnya guna mengamati secara langsung objek yang diteliti. Data ini merupakan data primer yang akan dipakai dalam menganalisis topik yang dipilih. Untuk dapat memperoleh data ini, yaitu melalui :

1) Wawancara

Yaitu teknik pengumpulan data dengan menggunakan komunikasi tanya jawab langsung dengan orang yang diberikan wewenang untuk memberikan data.

2) Observasi (observation)

Yaitu melakukan pengamatan dan pencatatan langsung fakta yang dijumpai pada objek penelitian serta data yang diberikan oleh perusahaan.

b. Penelitian Kepustakaan (library research)

Penelitian kepustakaan ini dimaksudkan untuk mencari, membaca, mencatat dan mengumpulkan bahan bacaan dari literatur yang terdapat di perpustakaan (mengenai analisis deskriptif eksploratif) serta data-data dari sumber-sumber tertentu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

2. Metode Analisis Data

Dalam penelitian ini, data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analisis :

a. Metode WinQSB

Dalam penulisan ini, penulis menggunakan program WinQSB dalam mengolah data. WinQSB adalah salah satu program computer yang dirancang untuk memecahkan masalah kuantitatif di bidang manajemen untuk menghindari terjadinya kekeliruan atau hasil yang tidak akurat bila dikerjakan secara manual.

Dalam program WinQSB terdapat bebepara macam analisis. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan network modeling yaitu transportation problem, dimana transportation problem ini berkaitan dengan pendistribusian barang dari lokasi asal ke berbagai lokasi tujuan.

b. Metode Deskriptif Eksploratif

Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode Deskriptif Eksploratif yang dapat dipakai bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena.

Untuk metode Deskriptif Eksploratif, menggunakan rumus :

Mt = My

n

PrWy = Mt x 100 %

CRn

Keterangan :

a. Mt = Jumlah pergerakan distribusi barang per bulan.

b. My = Jumlah pergerakan distribusi barang dalam periode n

bulan.

c. n = Jumlah bulan penelitian.

d. PrWy = Rasio pemakaian kapasitas barang di pesawat per bulan.

e. CRn = Kapasitas daya tampung pesawat per bulan

E. Sistematika Penulisan

Skripsi ini disiapkan dalam 5 (lima) bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini dibahas latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini penulis menguraikan tentang landasan teori yang dipergunakan dalam penyusunan skripsi ini, dimana di dalamnya terdapat teori-teori yang mendukung penelitian yang diperoleh dari berbagai sumber yang berkaitan dengan penelitian ini.

BAB III GAMBARAN UMUM PT. BIROTIKA SEMESTA

(DHL EXPRESS)

Bab ini berisi tentang sejarah singkat perusahaan, organisasi dan manajemen serta kegiatan perusahaan.

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini dibahas mengenai Analisis Distribusi dan Pendapatan Kargo pada PT. Birotika Semesta (DHL EXPRESS) dengan Model WinQSB Tahun 2009 .

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab terakhir, dalam bab penutup ini dikemukakan kesimpulan dan saran-saran kepada PT. Birotika Semesta (DHL EXPRESS) yang mungkin akan bermanfaat bagi perusahaan.

3 comments:

  1. Saya juga punya saran dan Kritik buat PT.Birotika Semesta. Karena saya punya pengalaman yang membuat pelanggannya / konsumen nya kecewa.

    Minggu lalu saya mengirim barang berupa LCD merek LG 42 inch dari Kuala lumpur ke Medan. Biaya keseluruhan adalah RM 579, dan harga LCD tertulis adalah RM2000. LCD masih terbungkus baru. dan dari perjanjian LCD di kirim sampai di tempat

    Tapi apa yg terjadi setelah 4 hari barang sampai di Medan, tetapi tertahan di Bandara karena masalah PAJAK, PAJAK yang di kenakan sangat luar biasa RM 1100, sulit untuk di bayangkan. 50 % dari harga LCD itu sendiri.
    Sewaktu saya mengirim LCD ini lewat DHL, tak satu pun masalah pajak ini DHL singgung,dan harga yang RM 579 sudah include tax & barang di hantar sampai di tempat. ini merupakan pengalaman pertama saya mengirim barang dari KL ke Indonesia.
    Kenyataanya sewaktu LCD itu sampai tertahan di AIRPORT, bukan Orang DHL yang
    menelepon ke si PENERIMA barang tetapi malahan orang Cargo custom di bandara
    POLONIA. sungguh mengherankan !!!!,

    Sulit di bayangkan perusahaan sekelas DHL punya service yang Buruk dan mengecewakan …..
    sepatutnya sebagai Perusahaan Jasa Courier yg skala internasional pihak DHL memberikan advise masalah pajak ini dan apa yang sepatutnya dilakukan, Karena barang ini dianggap sebagai barang IMPOR oleh pihak cargoo, dan tak heran Pajak yg di kenakan begitu besar, Pajak PPN, PPH dan lain2.
    Saya complain terhadap DHL Medan yg berkantor di Polonia, Medan, jawaban yg saya terima ternyata tdk memuaskan, jawaban yg saya terima cuma pihak DHL medan melempar kesalahan ke pihak DHL Malaysia – cabang Kuchai Lama.
    Saya betul kecewa dengan pelayanan DHL, semoga untuk kedepannya siapapun yg berniat memakai Jasa DHL agar mempertimbangkan pengalaman saya dengan DHL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii mas..
      itu tergantung dari pihak per1 tenang si pengirim mengirim dengan si penerima, jika smua mas serah kan ke sipengirim pajak tersebut tidak akan kenak pajak..
      jadi mohon di pertnyakan dri si pengirim barang yang mas beli.. " contohnya mas ingin beres menerima barang tersebut tidak ada terkenakan pajak", kemungkinan mas tidak ada perjanjian seperti itu kepada si pengirim barang mas tersebut. jika customer yang sudah berlangganan mereka pasti tau tentang itu! salam

      Delete
  2. Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

    Service Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
    Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Customs Clearance Port
    Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.

    Dote :
    Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
    Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
    Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

    Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
    Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
    PT. HOKA HOKI INDONESIA
    Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
    Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
    Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
    Email : andijm.logistics@gmail.com
    Website : hokahoki.co.id

    Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
    Hp wa. 081908060678, 081385311679

    ReplyDelete