twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Saturday, January 9, 2010

Oleh Dinda Dwi Novianti

PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP HASIL PENJUALAN JASA PENGIRIMAN DOKUMEN DAN BARANG PADA PT. RACHMATHUTAMA PRATAMAMANDIRI (APX INTERNASIONAL)
TAHUN 2009 — 2010

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pemasaran merupakan salah satu fungsi yang paling penting untuk menjaga kelangsungan usaha perusahaan. Pemasaran juga merupakan fungsi penting dalam suatu siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen. Pemasaran dapat dilakukan oleh pihak yang berfungsi sebagai agen pembeli bagi konsumen atau dapat pula sebagai agen penjualan bagi produsen. Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran..
Kegiatan pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup suatu perusahaan. Dalam memasarkan suatu produk, perusahaan harus mampu memahami bagaimana cara untuk memasarkan barang atau jasa, untuk itu perusahaan dituntut harus aktif dalam kegiatan mencari pelanggan agar dapat membuat produknya diterima dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta memiliki kelebihan disbanding dengan produk sejenis yang dihasilkan oleh perusahaan pesaing.
Perkembangan dunia usaha pada dewasa ini ditandai dengan makin tajamnya persaingan. Oleh karena itu peranan pemasaran semakin penting dan merupakan ujung tombak bagi setiap perusahaan. Keberhasilan usaha suatu perusahaan juga ditentukan oleh keberhasilan dalam pemasarannya. Berdasarkan itu semua perusahaan harus dapat menempatkan strategi dan cara pelaksanaan kegiatan promosinya secara tepat. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan kargo bisa dilakukan dalam berbagai cara, tergantung dari kebijaksanaan masing–masing perusahaan yang bersangkutan. Perusahaan kargo akan menerapkan bentuk promosi yang efektif dan efisien, terutama yang berorientasi kepada sasaran nya yaitu konsumen yang akan merasa tertarik oleh bentuk promosi yang dilaksanakan perusahaan.

Promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran
Promosi merupakan salah satu unsur elemen penting dalam usaha memasarkan suatu produk, disamping elemen-elemen lainya yang terdiri dari produk, harga dan saluran distribusi. Pada umumnya promosi yang dilakukan oleh perusahaan melalui dua cara, yaitu promosi yang dilakukan secara langsung kepada konsumen dan promosi yang dilakukan secara tidak langsung. Promosi yang dilakukan secara langsung kepada konsumen, yaitu melalui komunikasi secara langsung antara pembeli dan penjual dengan memberikan penjelasan kepada konsumen mengenai produk yang ditawarkan beserta keuntungan-keuntungan atau kelebihan-kelebihan yang didapat dari pemakaian produk atau jasa tersebut. Sedangkan promosi yang dilakukan secara tidak langsung, yaitu melelui iklan yang dibuat pada media cetak dan elektronik, juga melalui papan iklan (billboard) dan brosur.
Dalam bidang pemasaran. Dengan menetapkan komposisi yang terbaik dari unsur–unsur atau variabel pemasaran yang dipergunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan. Oleh karena itu perusahaan kargo harus dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan cara memberikan nilai lebih kepada konsumen untuk menggunakan jasa perusahaan kargo dengan melaksanakan kegiatan promosi yang efektif dan efisien agar dapat mengenai tujuan dan sasaran perusahaan, yaitu untuk meningkatkan penjualan jasa kargo, yang pada akhirnya perusahaan tersebut harus dapat menganalisa keefektifan dan keefisienan kegiatan promosi yang dilakukan terhadap volume penjualan jasa kargo.
PT. Rachmathutama Pratamamandiri (APX Internasional) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang (courier and cargo) dalam memasarkan produknya PT. Rachmathutama Pratamamandiri melaksanakan kegiatan promosinya untuk memperolah hasil penjualan jasa yang optimal.
Berdasarkan hal tersebut diatas penulis tertarik dan ingin mengkajinya lebih dalam tentang masalah ini, maka penulis memilih judul “PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP HASIL PENJUALAN JASA PENGIRIMAN DOKUMEN DAN BARANG PADA PT. RACHMATHUTAMA PRATAMAMANDIRI (APX INTERNASIONAL) TAHUN 2009 - 2010”

B. Perumusan Masalah
1 Identifikasi Permasalahan
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan diatas maka, maka penulis mengidentifikasikan masalah sebagai berikut :
a. Masalah biaya promosi yang terbatas pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
b. Masalah pengembangan produk atau jasa yang di terapkanterbatas PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
c. Masalah distribusi barang atau jasa yang terbatas pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
d. Masalah hasil penjualan pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri
2 Pembatasan Masalah
Dalam penulisan skripsi ini penulis hanya membatasi dalam pembahasan mengenai pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
3 Pokok Masalah
Promosi adalah salah satu cara untuk meningkatkan hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang. Dalam hal ini PT. Rachmathutama Pratamamandiri harus dapat mempertahankan dan meningkatkan hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang yang telah diraihnya.


Maka penulis mencoba merumuskan pokok permasalahan sebagai berikut:
a. Bagaimana biaya promosi yang dilakukan oleh PT. Rachmathutama Pratamamandiri ?
b. Bagaimana hasil penjualan yang diperoleh PT. Rachmathutama Pratamamandiri ?
c. Bagaiamana pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri ?

C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut :
a. Untuk mengetahui biaya promosi yang dilakukan oleh PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
b. Untuk mengetahui hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
c. Untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
2 Manfaat Penelitian
a. Bagi penulis, yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang promosi dan hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri..
b. Bagi perusahaan yang diteliti, yaitu untuk bahan masukan dalam pelaksanaan promosi agar dapat mancapai tujuan dan sasaran perusahaan.
c. Bagi pembaca, yaitu agar dapat mengetahui promosi yang dilakukan oleh PT. Rachmathutama Pratamamandiri dalam meningkatkan penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang.

D. Hipotesis
Berdasarkan perumusan masalah di atas, penulis mengemukakan hipotesis sebagai berikut :
“Diduga ada pengaruh biaya promosi terhadap hasil penjualan jasa pengiriman dokumen dan barang pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri”

E. Metodologi Penelitian
Metode yang dipakai untuk melakukan penelitian adalah :
1 Metode Pengumpulan Data
a. Penelitian lapangan (field research)
Adalah suatu penelitian yang dilakukan secara langsung ketempat penelitian, PT. Rachmathutama Pratamamandiri di Jakarta. Didalam penelitian lapangan, pengumpulan data untuk mendapatkan data primer dilakukan dengan cara :
1) Observasi
Penelitian yang dilakukan dengan melihat langsung serta mempraktekan di lapangan atau lebih dikenal dengan praktek kerja lapangan.

2) Wawancara
Penulis melakukan wawancara langsung dengan general manajer dan para manajer divisi yang berwenang serta karyawan-karyawan yang berwenang sehubungan dengan data yang dibutuhkan.

b. Penelitian kepustakaan (library research)
Dalam riset kepustakaan ini penulis mengumpulkan data dan informasi dengan cara membaca dan mempelajari buku literature, diklat, makalah dan buku lainya yang dapat mendukung penulisan pada penelitian kali ini.
2 Metode Analisis Data
Adalah alat yang digunakan untuk menganalisis dan membahas perumusan masalah yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, maka penulis mencoba melakukan analisis, ternyata terdapat dua variabel yang dapat penulis tentukan. Diantaranya yaitu pengaruh biaya promosi (variabel X) dan hasil penjualan (variabel Y), maka penelitian ini menggunakan tehnik analisa data dengan menggunakan metode statistic.
a. Persamaan regresi linear
Menurut Sugiyono (2005:244): Persamaan regresi linear Merupakan merupakan garis regresi sederhana yang berguna untuk memperkirakan nilai dari variabel bebas (independen) pada nilai variabel terikat (dependen). Untuk itu akan digunakan rumus persamaan regresi linear sebagai berikut:
Rumus persamaan regresi linear:
Y = a + b X
Keterangan :
Y = Variabel terikat, yaitu hasil penjualan.
X = Variabel bebas, yaitu biaya promosi.
a = Harga Y bila X = 0 (Nilai konstanta).
b = Angka arah atau koefisien regresi, yang menunjukan angka
peningkatan ataupun penurunan variabel.
Adapun untuk mencari nilai a dan b adalah sebagai berikut :
a = (∑Y)(∑X²) - (∑X)(∑XY)
(n)(∑X²) - (∑X)²
b = (n)(∑XY) - (∑X)(∑Y)
(n)(∑X²) - (∑X)²
b. Koefisien korelasi
Menurut Ir. M. Iqbal Hasan, M.M. (1999:233) menjelaskan:
“Koefisien korelasi (r)KK merupakan indeks atau bilangan yang digunakan untuk mengukur keeratan (kuat, lemah, atau tidak ada) hubungan antar variabel.
Koefisien korelasi pearson
Adalah indeks atau angka yang digunakan untuk mengukur keeratan hubungan antara dua variabel yang datanya berbentuk data interval atau rasio. Disimbolkan dengan “r” Koefisien korelasi pearson dapat ditentukan dengan metode least square seperti dibawah ini.

Rumus koefisien korelasi least square:
n∑XY - ∑X. ∑Y
r =
√(nΣX² - (ΣX)²) (nΣY² - (ΣY)²)



Dimana:
Koefisien korelasi memiliki nilai antara -1 dan +1 (-1 ≤ r ≤ +1).
1) r = Jika KK bernilai positif maka variable-atau mendekati +1 berarti ada hubungan yang kuat dan positif antara variabel X dan variabel Y berkorelasi positif. Semakin dekat nilai KK ke +1 semakin kuat korelasinya, demikian pula sebaliknya..
2) r = Jika KK bernilai negatif maka variabel-variabel berkorelasi negatif. Semakin dekat nilai KK ke -1 semakin kuat korelasinya, demikian pula sebaiknya.atau mendekati -1 berarti ada hubungan yang kuat tetapi negatif antara variabel X dan variabel Y.
3) r = 0 atau mendekatiJika KK bernilai 0 (nol) maka variabel-variabel tidak menunjukan korelasi.
4) Jika KK bernilai +1 atau -1 maka variabel-variabel menunjukan korelasi positif atau negatif yang sempurna.
Untuk menentukan keeratan hubungan atau korelasi antarvariabel tersebut, berikut ini diberikan nilai-nilai dari KK sebagai patokan.berarti hubungan variabel X dengan variabel Y lemah atau tidak ada hubungannya sama sekali.
Koefisien korelasi memiliki nilai antara -1 dan +1 (-1 ≤ r ≤ +1), yaitu:
 r = 0 tidak ada korelasi.

1) KK = 0, tidak ada korelasi
 0 < kkr =" 1" kp =" R2" r2 =" korelasi" kp =" koefisien" ho =" hipotesis" ha =" hipotesis"> 0, Ho ditolak, sedangkan Hi diterima, berarti ada hubungan antara X terhadap Y.
 Jika thit (titik hitung) <> ttab (titik tabel), berarti ada hubungan antara X terhadap Y.
b) Rumusan uji korelasi
thit
Dimana :
thit = titik hitung
r = Koefisien korelasi
n = jumlah data
c) Kesimpulan
 Jika thit (titik hitung) <> ttab (titik tabel), maka : Ho ditolak, sedangkan Hi diterima, berarti ada hubungan antara X terhadap Y.
Uji hipotesis yang penulis gunakan adalah uji satu arah (one tail), untuk melengkapi hasil perhitungan dengan menggunakan regresi dan korelasi perlu diujikan dengan hipotesis (uji t). Tahapan-tahapannya adalah :
Hipotesis awal
kriteria
Ho = hipotesis nol, artinya antara variabel X dengan variabel Y tidak bebas (kurang ada hubungan) pengaruh yang signifikan.
Hi = hipotesis alternatif, artinya antara variabel X dengan variabel Y tidak ada hubungan atau pengaruh yang signifikan.
Ho : ρ = 0, Ho diterima sedangkan Hi ditolak, berarti tidak ada hubungan antara X terhadap Y.
Hi : ρ > 0, Ho ditolak, sedangkan Hi diterima, berarti ada hubungan antara X terhadap Y.
Jika thit (titik hitung) <> tt (titik tabel), berarti ada hubungan antara X terhadap Y.
Rumusan uji korelasi
r √ n - 2
t hit =
√ 1 – r²

Dimana :
t hit = titik hitung
r = Koefisien korelasi
n = jumlah data
Kesimpulan
 Jika thit (titik hitung) <> tt (titik tabel), maka : Ho ditolak, sedangkan Hi diterima, berarti ada hubungan antara X terhadap Y.




F. Sistimatika Penulisan Skripsi
Secara garis besar, skripsi ini terdiri dari lima bab, dimana pada setiap bab terdiri atas sub bab yang menjelaskan isi yang berbeda dari bab tersebut seperti yang diuraikan sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini mengenai pokok-pokok secara garis besar atau sepintas yang berisikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, hipotesis, metode penelitian(metode pengumpulan data), teknik analisa data dan sisematika penulisan skripsi.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan disampaikan teori-teori yang berkaitan dengan variable penelitian sebagai dasar penting di dalam penulisan sekaligus landasan pembahasan pada bab-bab berikutnya yang bersumber dari berbagai literature dokumen dan sumber bacaan yang relevan dengan permasalahan yang akan di bahas.

BAB III : LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Dalam bab ini akan dijelaskan gambaran umum, profil, struktur organisasi, pembagian tugas kerja dan lain lainya pada perusahaan PT. Rachmathutama Pratamamandiri (APX Internasional).
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini menyajikan hasil analisis dan pembahasan terhadap seluruh data hasil penelitian dengan menggunakan metode statistika mengikuti langkah-langkah, prosedur dan rumus-rumus yang tertera pada bab I.
BAB V : PENUTUP
Bab ini menguraikan kesimpulan dari bab-bab sebelumnya, selain itu juga mengemukakan saran-saran yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri (APX Internasional) yang beroperasi di Jakarta.

No comments:

Post a Comment