"Analisis Pengaruh Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Kargo Domestik pada PT. Garuda Indonesia Tahun 2007".
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada era perdagangan bebas National dan Internasional sekarang ini, setiap negara pasti melakukan kegiatan ekspor impor, terlebih lagi pada negara-negara sedang berkembang mereka menitik beratkan pada sektor industri dimana pada sektor ini banyak daerah atau negara yang sedang berkembang membutuhkan bahan baku dari daerah lain atau negara lain dan hal ini membuat mereka harus mengimpor bahan baku atau mengirim bahan baku dari daerah atau dari negara lain dan bagi negara yang menjual bahan baku mereka harus melakukan ekspor bahan baku yang mereka jual ke negara lain.
Dan untuk melakukan pengiriman barang tersebut jasa airline dibutuhkan untuk menjadi perantara dalam rangka membuat barang tersebut tiba ditempat tujuan tepat waktu, selain itu airline juga membutuhkan tempat untuk menyimpan barang dalam rangka proses pengiriman barang (domestik) maupun (ekspor) dan juga tempat untuk menitipkan barang yang telah tiba ditempat tujuan (impor) sebelum barang tersebut diambil oleh pemilik barang.
1
Untuk itu dlperlukan jasa warehouse (gudang penyimpanan) sementara barang tersebut dalam proses pengiriman maupun pengambilan oleh pemilik barang. Di dalam proses ini barang tersebut jelas melalui beberapa tahapan dimana dalam setiap tahapan mereka memiliki spesifikasi pemrosesan, sebagai contoh dalam hal storage untuk barang ekspor seperti barang berharga untuk barang berharga disimpan didalam strong box mengingat harga yang sangat mahal dan terkadang barang tersebut adalah barang diplomatik.
Untuk impor setiap barang-barang yang melalui jalur merah (memiliki hambatan dengan bea cukai) wajib dilakukan proses verifikasi untuk mengetahui jenis barang yang masuk, dan dalam hal ini juga dilihat sejauh mana pihak pengelola warehouse dapat membantu.
Untuk barang-barang ekspor biasanya melalui beberapa tahapan seperti dibuatkan ijin timbun, ditimbang dan kemudian diukur dimensinya baru kemudian disimpan berdasarkan jenis dan sifat barang tersebut juga didasarkan atas airline yang akan membawanya. Apabila barang-barang tersebut inerupakan barang yang harus cepat sampai di tujuan seperti pos dan dokumen-dokumen kenegaraan maka melalui gudang rush handling.
Pada proses ekspor dituntut ketelitian yang lebih karena apabila terjadi kekeliruan maka dapat merugikan beberapa pihak salah satunya airline karena berkaitan dengan biaya angkut. Permasalahan yang timbul biasanya disebabkan oleh human error karena produktivitas kerja karyawan menurun sehingga akan banyak menimbulkan klaim dari customer apabila barang yang diterima dalam keadaan rusak hal ini biasa terjadi pada saat volume pengiriman dalam jumlah besar sehingga proses handling kargo terkadang tidak sesuai dengan Standard Operating Procedure dan juga diperlukan adanya Pendidikan dan pelatihan bagi karyawan mengenai handling cargo agar produktivitas karyawan dapat meningkat.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi/karya tulis ilmiah dengan judul : “Analisis Pengaruh Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Kargo Domestik pada PT. Garuda Indonesia Tahun 2007”.
B. Perumusan Masalah
l . Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka menurut penulis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan anatara lain adalah :
a. Kebijakan penggajian karyawan
b. Pemberian kesejahteraan karyawan
c. Penyediaan fasilitas kerja karyawan
d. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat)
e. Produktivitas kerja karyawan divisi kargo Domestik
f. Jaminan kesehatan karyawan
2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi permasalahan diatas, maka dalam skripsi ini penulis hanya membatasi pembahasan pada pengaruh kegiatan pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan.
3. Pokok Masalah
Penelitian ini akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan :
a. Bagaimana kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan PT. Garuda Indonesia ?
b. Bagaimana produktivitas kerja karyawan Divisi Kargo Domestik ?
c. Bagaimana pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan Divisi Kargo Domestik ?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian :
a. Untuk mengetahui bagaimana, kegiatan pendidikan dan pelatihan karyawan PT. Garuda Indonesia.
b. Untuk mengetahui bagaimana produktivitas kerja karyawan Divisi Kargo Domestik.
c. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan produktivitas kerja karyawan Divisi Kargo Domestik pada PT. Garuda Indonesia tahun 2007.
2. Manfaat Penelitian :
a. Untuk Penulis,
Menambahah wawasan penulis khususnya mengenai metode penelitian dan penerapan keilmuan di dalam program studi S1 Manajemen Transpor Udara.
b. Untuk Objek Penelitian,
Mudah-mudahan dapat menjadi informasi tambahan bagi perusahaan khususnya di bidang pengembangan sumber daya manusia dan dalam rangka peningkatan kualitas kerja.
c. Untuk Lembaga STMT Trisakti
Dapat menambah informasi sebagai bahan acuan dan referensi dalam rangka penelitian lebih lanjut dengan topik yang sama, sehingga kekurangan yang ada dalam penelitian ini dapat diperbaiki.
D. Metodologi Penelitian
1. Metode Pengumpulan Data
a. Penelitian Lapangan (Field Research)
Merupakan data yang diperoleh secara langsung pada obyek penelitian, melalui :
1) Observasi.
Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan ke tempat objek penelitian, dan memperoleh data melalui pengamatan-pengamatan.
2) Wawancara.
Dalam hal ini mengadakan wawancara atau tanya jawab dengan pimpinan, pejabat. yang ada dibawahnya serta karyawan, dan pelanggan lainnya, mengenai masalah yang dibahas penyusun.
3) Angket
Metode ini adalah suatu proses untuk memperoleh keterangan dari karyawan PT Garuda Indonesia melalui lembaran koesioner sebanyak 50 dan yang kembali 34 dari yang kembali di ambil sample sebanyak 30.
b. Penelitian Kepustakaan (Library Research )
Penelitian kepustakaan ini dilakukan dengan cara mempelajari data sekunder yaitu melalui buku-buku, literatur-literatur, teks book, majalah, dan laporan lain mengenai masalah penelitian ini baik dengan wawancara maupun koesioner.
- Teknik Analisis Data
Dalam melakukan analisis data yang diperoleh dari koesioner, setiap pertanyaan yang dilakukan akan diberi bobot nilai dengan menggunakan sklala 5 tingkat (skala likert). Respon terhadap pendidikan dan pelatihan terhadap produktivitas akan diberi bobot sebagai berikut :
a. Sangat setuju
b. Setuju
c. Ragu-ragu
d. Tidak setuju
e. Sangat tidak setuju
Teknik analisis yang akan digunakan penulis dalam skripsi ini dilakukan melalui pendekatan-pendekatan statistik seperti dibawah ini :
a. Analisa Regresi Linear Sederhana
Untuk menganalisis data dari dua variabel berbeda fungsi, dimana data pertama sebagai variabel bebas Pendidikan dan Pelatihan (X) dan variabel kedua sebagai variabel terikat Produktivitas Kerja (Y), maka digunakan analisis statistik dengan rumus : (J. Supranto, 2001 ; 208)
sebagai berikut :
Y = a + bX
Untuk mengetahui nilai a dan b digunakan rumus :
a =
b =
Dimana : X = variabel bebas (Jumlah Peserta Diklat)
Y = Variabel terikat (Produktivitas Kerja)
a = Konstanta
b = Koefisien Regresi
b. Koefisien Korelasi
Untuk mengetahui kedekatan hubungan antara Pendidikan dan Pelatihan dengan Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Kargo Domestik digunakan rumus (J. Supranto, 2001 ; 208) sebagai berikut :
r =
Nilai koefisien paling sedikit adalah -1 dan paling besar adalah 1
Dengan demikian apabila r = koefisien korelasi, maka nilai r adalah diantara -1 <>:
1) Jika r = +l atau mendekati 1, berarti hubungan antara variabel X dan variabel Y sangat kuat dan positif.
2) Jika r = 0 atau mendekati 0, berarti tidak ada hubungan antara variabel X dan Y atau hubungan sangat lemah.
3) Jika r = -1 atau mendekati -1, berarti hubungan antara variabel X dan variabel Y sangat kuat, tetapi negatif.
Tabel I.1
Koefisien Korelasi dan Taksiran
Koefisien Korelasi | Taksiran |
0,00-0,19 | Hubungan bias diabaikan (rendah sekali) |
0,20-0,39 | Hubungan rendah tapi pasti |
0,40-0,59 | Hubungan cukup |
0,60-0,79 | Hubungan kuat |
0,80-1,00 | Hubungan sangat tinggi |
Sumber : Sugiyono (2004 : 216)
c. Analisis Koefisien Penentu (Kp)
Langkah ini diambil guna melihat kontribusi atau sumbagan Pendidikan dan Pelatihan (variabel X) terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (variabel Y) dengan rumus (J. Supranto, 2001 ; 208) sebagai berikut :
Kp = r2 x 100%
d. Uji Hipotesis
Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai thitung dengan ttabel melalui langkah-langkah sebagai berikut :
1) Hipotesis awal
a. Jika Ho : r = 0 tidak ada hubungan antara X (Pendidikan dan Pelatihan) dengan Y (Produktivitas Kerja) tidak signifikan.
b. Jika H1 : r > 0 ada hubtmgan antara X (Pendidikan dan Pelatihan) dengan (Produktivitas Kerja Karyawan) signifikan.
2) Untuk mendapatkan nilai thitung digunakan rumus :
thit = r
3) Untuk mengetahui nilai ttabel digunakan tabel distribusi t pada a=0.05;df=n-2
4) Kesimpulan uji hipotesis
Untuk menentukan apakah hipotesis diterima atau ditolak maka perlu dibandingkan dengan ketentuan sebagai berikut :
a). Jika thitung <>tabel, maka Ho = diterima, H1 = ditolak. Artinya Variabel X tidak mempunyai hubungan dengan Variabel Y atau hubungan sangat lemah.
b). Jika thitung > ttabel, maka Ho = ditolak, H1 = diterima. Artinya Variabel X mempunyai hubungan yang signifikan terhadap Variabel Y.
E. Hipotesis
Dalam penelitian ini penulis menggunakan hipotesis yang menduga terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Pendidikan dan Pelatihan dengan Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Kargo Domestik pada PT. Garuda Indonesia tahun 2007.
F. Sistematika Penulisan
Untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai materi yang dibahas dalam penulisan skripsi ini, penulis menyusun sistematika pembahasan sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis serta sistematika penulisan skripsi.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan teori-teori dan definisi tentang pengertian Kargo, Pendidikan dan Pelatihan, Pengertian Produktivitas Kerja, warehouse, Domestik, Hubungan Pendidikan dan Pelatihan dengan Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Kargo Domestik.
BAB III : GAMBARAN UMUM PT. GARUDA INDONESIA
Bab ini menguraikan secara singkat gambaran umum tentang sejarah singkat perusahaan, organisasi dan manajemen perusahaan, serta bidang usaha perusaliaan.
BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini dibahas analisis pendidikan dan pelatihan, analisis produktivitas kerja, dan analisis hubungan pendidikan dan pelatihan dengan produktivitas kerja karyawan pada PT Garuda Indonesia.
BAB V : PENUTUP
Dalam bab ini dimuat kesimpulan dan saran yang merupakan persyaratan singkat yang diambil dari pembahasan dan penelitian serta sumbangan pemikiran yang dapat dari hasil penelitian.
No comments:
Post a Comment