twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Friday, November 20, 2009

Oleh Syarifah Nur Fitriyany.

“ANALISIS HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. MANDALA AIRLINES KANTOR PERWAKILAN CENGKARENG TAHUN 2007”




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan penerbangan di Indonesia pasca krisis moneter 1998 semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan yang ada. Salah satu perusahaan penerbangan yang masih dapat bertahan dalam ketatnya persaingan adalah PT Mandala Airlines.
Dalam Kondisi persaingan yang ketat tersebut, hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan penerbangan adalah mengikutsertakan sumber daya yang ada ke dalam strategi perusahaan. Sumber daya yang harus diikutsertakan adalah seperti sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan sumber daya manusia merupakan salah satu asset penting dalam menentukan tercapainya tujuan perusahaan.
PT Mandala Airlines merupakan perusahaan penerbangan yang mengutamakan sumber daya manusia kedalam berbagai strategi perusahaan. Karena tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, perusahaan belum tentu dapat bertahan dalam persaingan yang ketat saat ini.
Salah satu cara agar perusahaan dapat bertahan dalam menghadapi persaingan dan mencapai tujuan perusahaan adalah dengan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan adalah dengan menerapkan kedisiplinan kerja serta memberikan tindakan kepada karyawan yang melakukan kesalahan sesuai dengan peraturan perusahaan.
Kedisiplinan yang baik di dalam sebuah perusahaan khususnya perusahaan penerbangan sangatlah diperlukan. Hal ini karena, kedisiplinan mencerminkan tanggung jawab seorang karyawan terhadap tugas-tugas yang diberikannya. Sehingga karyawan merasa terdorong untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan selesai pada waktunya.
Dengan kedisiplinan inilah karyawan akan bekerja lebih baik dan lebih giat lagi serta penuh inisiatif untuk lebih meningkatkan kualitas hasil kerjanya. Melalui penerapan kedisiplinan yang optimal memungkinkan akan mendorong tenaga kerja atau karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerjanya.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk menyusun sebuah skripsi dengan judul “ANALISIS HUBUNGAN KEDISIPLINAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. MANDALA AIRLINES KANTOR PERWAKILAN CENGKARENG TAHUN 2007”

B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Permasalahan
Berdasarkan latar belakang di atas, maka identifikasi permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut :
a. Kedisiplinan yang tidak optimal di PT Mandala Airlines.
b. Kurang ketatnya peraturan yang diterapkan PT Mandala Airlines.
c. Produktivitas kerja karyawan yang tidak maksimum di PT Mandala Airlines.
d. Kurang memadainya fasilitas yang disediakan PT Mandala Airlines.
e. Hubungan antara kedisiplinan dengan produktivitas kerja karyawan di PT Mandala Airlines.
2. Pembatasan Masalah
Untuk mempersempit permasalahan dalam penelitian ini. Maka pembahasan yang disusun oleh penulis ini dibatasi hanya pada ruang lingkup mengenai hubungan kedisiplinan dengan produktivitas kerja pada PT Mandala Airlines Kantor Perwakilan Cengkareng tahun 2007.
3. Pokok Masalah
Dari latar belakang masalah dan pembatasan masalah di atas, maka pokok masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut :
a. Bagaimana tingkat kedisiplinan karyawan pada PT Mandala Airlines kantor perwakilan Cengkareng?
b. Bagaimana produktivitas kerja karyawan pada PT Mandala Airlines kantor perwakilan Cengkareng?
c. Bagaimana hubungan kedisiplinan dengan produktivitas kerja karyawan PT Mandala Airlines kantor perwakilan Cengkareng ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan karyawan pada PT Mandala Airlines.
b. Untuk mengetahui produktivitas kerja karyawan PT Mandala Airlines.
c. Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan dengan produktivitas kerja karyawan pada PT Mandala Airlines.
2. Manfaat Penelitian
a. Bagi Penulis
Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah diharapkan penulis dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai masalah yang diteliti yaitu tentang kedisiplinan dan produktivitas dalam suatu perusahaan penerbangan.
b. Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan bahan masukan untuk perusahaan dalam rangka menegakkan dan memperbaiki kedisiplinan karyawan, sehingga produktivitas kerja karyawan menjadi meningkat. Sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
c. Bagi Ilmu Pengetahuan
Sebagai masukan serta informasi tambahan bagi para akademisi maupun praktisi yang ingin melakukan penelitian yang serupa untuk menambah frekuensi data yang diperlukan, khususnya mengenai kedisiplinan dan produktivitas.


D. Metodologi Penelitian
1. Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, yaitu data yang didapat langsung dari responden mengenai kedisiplinan dan produktivitas kerja. Kemudian data tersebut dikuantitatifkan ke dalam skala likert, dimana pendapat dan bobotnya dapat dihat dalam tabel berikut.
Tabel I.1
Skala Lima ( Likert )

Sumber : Sugiyono, 2006 :108
Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer, dimana data diperoleh langsung dari responden berupa jawaban kuesioner mengenai kedisiplinan dan produktivitas kerja.
2. Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan dari karyawan PT Mandala Airlines kantor perwakilan Cengkareng. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari karyawan yang diberikan kuesioner mengenai kedisiplinan dan produktivitas kerja.

3. Metode Pengumpulan Data
Didalam memperoleh data yang berkaitan dengan penelitian, diperlukan beberapa metode, yaitu :
a. Penelitian Lapangan (Field Research)
1). Wawancara
Wawancara yaitu metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab langsung dengan orang yang diberikan wewenang untuk memberikan informasi mengenai kedisiplinan dan produktivitas kerja.
2). Kuesioner
Kuesioner adalah metode pengumpulan data yang menggunakan daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan disebarkan kepada responden untuk dimintai keterangan mengenai masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu tentang kedisiplinan dan produktivitas kerja.
3). Observasi
Observasi adalah metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung terhadap gejala-gejala yang terjadi untuk memperoleh gambaran yang jelas dari keadaan yang sebenarnya.
b. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penelitian kepustakaan ini dimaksudkan untuk mencari, membaca, mencatat dan mengumpulkan bahan bacaan dari literatur yang terdapat di perpustakaan (mengenai kedisiplinan dan produktivitas kerja) serta data-data dari sumber-sumber tertentu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
4. Teknik Analisis Data
a. Analisis Regresi Linier Sederhana
Untuk mencari hubungan proposional antara variabel X dan Variabel Y dengan menggunakan persamaan regresi linier. Adapun persamaan dari regresi linier menurut Boediono dan Wayan Koster (2004:172) adalah :

Dimana :
Y = Variabel Terikat, dalam hal ini produktivitas kerja
X = Variabel Bebas, dalam hal ini kedisiplinan.
a = Bilangan Tetap
b = Koefisien Regresi
Sedangkan untuk mencari nilai a dan b menurut Boediono dan Wayan Koster (2004:173) adalah :



b. Analisis Koefisien Korelasi
Koefisien korelasi merupakan tolok ukur untuk menilai kedekatan hubungan antara variabel X dan variabel Y. Nilai koefisien korelasi ini paling sedikit -1 dan paling besar +1, jika dibuat persamaan dapat dinyatakan sebagai berikut :
-1 < r =" -1" r =" +1" r =" 0," y =" Variabel" x =" Variabel" r =" Koefisien" n =" Jumlah" df =" n"> 0, artinya ada hubungan antara variabel X dan variabel Y
(signifikan).
Kesimpulan :
Jika thitung <> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hubungan X dan Y signifikan.




E. Hipotesis
Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan hipotesis bahwa diduga ada hubungan yang signifikan dan positif antara kedisiplinan dan produktivitas kerja karyawan pada PT Mandala Airline perwakilan Cengkareng.

F. Sistematika Penulisan Skripsi
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian, hipotesis dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang landasan teori yang digunakan untuk membahas permasalahan yang ada, yaitu terdiri dari manajemen sumber daya manusia, kedisiplinan, produktivitas kerja serta hubungan antara kedisiplinan dan produktivitas kerja karyawan.
BAB III : GAMBARAN UMUM PT. MANDALA AIRLINES
Bab ini menjelaskan tentang gambaran umum perusahaan, yang terdiri dari sejarah singkat berdirinya perusahaan, organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha perusahaan.



BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini menjelaskan tentang hasil analisis data mengenai hubungan kedisiplinan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT Mandala Airlines Kantor Perwakilan Cengkareng dengan menggunakan pendekatan regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien penentu dan uji hipotesis.
BAB V : PENUTUP
Bab ini menjelaskan tentang kesimpulan dan saran-saran oleh penulis kepada PT Mandala Airlines Kantor Perwakilan Cengkareng yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan.







No comments:

Post a Comment